MitraMedia

edukasi&persuasif

IBTI POLTEK ATIM Workshop; Pentingnya Wira Usaha Industri dan Inkubator Wirausaha

MAKASSAR-MITRAMEDIASIBER.COM- Diawal september tahun ini, Poltekenik ATIM Kembali menyelenggarakan Workshop secara virtual.

Workshop ini dihadiri pembantu Direktur III, Ketua Inkubator Bisnis, dan Narasumber Dr. Andi Nur Bau Massepe dan Septian Suryo, juga dihadiri para dosen, serta mahasiswa dan alumni Politeknik ATI Makassar sebagai peserta workshop

BUILD YOUR IDEA INNOVATIVE IN BISNESS PLAN

Dalam sambutan Direktur Poltek ATIM Muhammad Basri ST mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah Swt dan junjungan Rasulullah SAW atas terselenggaranya acara ini.

Direktur Poltek ATI Makassar, sapaan akrabnya Basri pada sambutannya mengucapkan Selamat datang seluruh peserta webinar workshop business plan yang hadir secara online.

Kegiatan ini mengambil topik Build Your Idea Innovative in Business Plan dan workshop ini diperuntukkan bagi seluruh civitas academica dan alumni Politeknik ATI Makassar. Sesuai dengan amanah yang tercantum di dalam Undang-Undang No. 03  Tahun 2014 tentang Perindustrian yang menjelaskan bahwa pembangunan wirausaha Industri dilakukan untuk menghasilkan wirausaha yang berkarakter dan bermental kewirausahaan serta mempunyai kompetensi sesuai dengan bidang usahanya meliputi kompetensi teknis; manajerial; kreativitas dan inovasi.

Basri pula mengungkapkan pula kegiatan ini sejalan pula dengan tujuan yang tercantum di dalam Peraturan Presiden RI No. 27 Tahun 2013 tentang Pengembangan Inkubator Wirausaha yaitu menciptakan dan pengembangan usaha baru yang mempunyai nilai ekonomi dan berdaya saing tinggi dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya manusia terdidik dalam menggerakkan perekonomian dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mengingat peran penting wirausaha industri dan inkubator wirausaha tersebut, maka IBTI Poltek ATIM akan menyelenggarakan Workshop Business Plan (BP) dan Business Model Canvas (BMC) kepada seluruh civitas academica dan alumni Politeknik ATI Makassar khususnya kepada dosen, mahasiswa dan alumni agar dapat menghasilkan mahasiswa atau alumni sebagai wirausahawan yang inovatif, berdaya saing unggul dan mandiri berbasis pada ilmu pengetahuan dan teknologi; serta memediasi hasil-hasil penelitian dan inovasi dari dosen/civitas akademika yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi unit usaha yang bernilai bisnis teknologi industri, khususnya di bidang teknologi industri manufaktur, teknologi industri otomasi, teknologi industri kimia dan teknologi industri agro.

Kehadiran Event workshop ini diharapkan dapat membangkitkan minat berwirausaha dan menjadi ajang menggali ide kreativitas dan inovasi kepada seluruh mahasiswa Poltek ATIM sehingga memiliki aspek kebermanfaatan bagi mahasiswa itu sendiri dan institusi Politeknik ATIM ke depan. Ide-ide kreativitas dan inovasi mahasiswa tersebut selanjutnya akan lebih dioptimalkan di dalam workshop dengan materi-materi yang sinergi dengan potensi kewirausahaan mahasiswa, sehingga nantinya dapat diimplementasikan dalam bentuk proposal bisnis yang siap untuk diikutkan dalam program inkubasi bisnis yang akan mulai dilaksanakan proses seleksi dimulai sejak awal september hingga ditutup pada tanggal 21 September 2020.

Direktur POLTEK ATIM M.BASRI

Harapan kami dengan adanya workshop business plan ini dapat mendorong hilirisasi hasil riset dan inovasi civitas academica dan alumi Politeknik ATI Makassar. Harapan selanjutnya Mendorong lahirnya wirausaha muda berbasis teknologi yang merupakan pengembangan hasil riset dan/atau inovasi Politeknik ATI Makassar untuk menjadi generasi pencipta lapangan kerja. Kemudian saya juga berharap untuk meningkatkan jumlah perusahaan pemula (startup company) yang berasal dari civitas academica Poltek ATIM yang akan berdampak pada peran Poltek ATIM dalam meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan mengurangi pengangguran. Dan terakhir dapat meningkatkan keterampilan manajemen perusahaan pemula (startup company) yang dimiliki oleh civitas academica dan alumni Politeknik ATI Makassar.

Demikian diungkapkan Basri dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan workshop business plan ini dan meresmikan Program inkubasi bisnis IBTI Poltek ATI Makassar beberapa waktu lalu.(*)

%d blogger menyukai ini: